Decorated Grey Christmas Tree

Jumat, 16 Agustus 2013

Time Value of Money / Nilai Waktu Uang



·         Manajer keuangan dan investor selalu dihadapkan dengan kesempatan untuk memperoleh tingkat pengembalian positif dari dana mereka, baik melalui investasi pada proyek yang menarik atau pada efek bunga atau deposito. Oleh karena itu, arus keluar dan arus masuk kas memiliki konsekuensi ekonomi yang penting di mana manajer keuangan akan mengakui Time Value of Money. Time Value of money (nilai waktu uang) merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dibandingkan nilai mata uang yang akan kita terima di masa yang akan datang. Hal ini didasarkan pada nilai mata uang yang akan terus berubah seiring berjalannya waktu dan disebabkan oleh berbagai faktor seperti inflasi, perubahan tingkat suku bunga, kebijakan pemerintah, politik, dll.

·         Manfaat Time Value of Money yaitu untuk mengetahui apakah suatu investasi menguntungkan atau tidak dan untuk menghitung anggaran. Dengan demikian, seorang investor dapat menganalisa apakah suatu proyek dapat memberikan keuntungan atau tidak. Selain itu, dengan Time Value of Money seorang manajer keuangan dapat mengevaluasi arus kas yang terjadi pada waktu yang berbeda sehingga dapat menggabungkan, membandingkan dan menghubungkannya dengan tujuan perusahaan dalam memaksimalkan harga saham. Sedangkan keterbatasannya yaitu Time Value of Money tidak memperhitungkan inflasi dan masyarakat hanya akan menyimpan uangnya di bank ketika tingkat suku bunga tinggi karena mereka berpikir dengan tingkat suku bunga yang tinggi maka mereka akan menerima keuntungan yang lebih besar dimasa yang akan datang.
                               
·         Future Value adalah nilai uang yang akan kita terima dimasa yang akan datang yang merupakan hasil dari nilai uang yang kita terima atau kita bayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat suku bunga pada periode waktu tertentu (misalnya 1 tahun). Dapat kita tulis dengan menggunakan rumus :
FV = PV ( 1 + I )n ; dimana FV = future value, PV = present value, I = tingkat suku bunga, dan n = jangka waktu uang tersebut disimpan.

·         Present Value adalah jumlah nilai uang yang akan diinvestasikan pada masa sekarang dengan tingkat suku bunga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu (misalnya 1 tahun) agar jumlah nilai uang tersebut bernilai sama dengan jumlah nilai uang dimasa yang akan datang. Dapat kita tuliskan dengan menggunakan rumus :
PV =    FVn      =  FVn  x  [      1      ]
         ( 1 + I )n                     ( 1 + I )n

·         Anuitas adalah pola periodik arus kas yang sama. Pada anuitas biasa (ordinary annuity), arus kas terjadi pada akhir periode. Pada anuitas jatuh tempo (annuity due), arus kas terjadi pada awal periode. Nilai masa depan dari anuitas biasa dapat ditemukan dengan menggunakan faktor nilai bunga masa depan untuk suatu anuitas. Nilai sekarang dari anuitas biasa dapat ditemukan dengan menggunakan faktor nilai bunga hadir untuk anuitas. Sebuah konversi sederhana dapat diterapkan untuk menggunakan FV dan faktor bunga PV untuk menemukan suatu anuitas biasa, masing-masing, nilai masa depan dan nilai sekarang dari suatu anuitas jatuh tempo. Nilai sekarang dari lamanya sebuah anuitas hidup tak terbatas ditemukan menggunakan 1 dibagi dengan tingkat diskonto untuk mewakili faktor nilai bunga hadir.

·         Mixed stream of cash flows (aliran campuran arus kas) adalah aliran arus kas periodik yang tidak sama atau tidak ada pola tertentu. Nilai masa depan (future value) dari mixed stream of cash flows adalah jumlah dari nilai masa depan dari setiap arus kas individu. Demikian pula dengan nilai sekarang (present value) dari mixed stream of cash flows adalah jumlah nilai sekarang dari arus kas individu.

·         Tingkat suku bunga dapat dikombinasikan dengan interval mulai dari setiap tahun sampai setiap hari dan bahkan berkelanjutan. Semakin sering tingkat suku bunga dikombinasikan maka semakin besar nilai masa depan yang akan diakumulasikan, dan semakin tinggi nilainya maka akan semakin efektif atau benar (laju tahunan).

·         Deposit periodik untuk mengakumulasikan jumlah nilai masa depan yang diberikan dapat dicari dengan menyelesaikan persamaan untuk nilai yang akan datang (future value) dari anuitas untuk pembayaran tahunan.

·         Pinjaman dapat diamortasikan menjadi pembayaran berkala sama dengan menyelesaikan persamaan untuk present value dari anuitas pada pembayaran berkala.

·         Tingkat suku bunga atau tingkat pertumbuhan dapat diestimasi dengan menemukan tingkat suku bunga yang tidak diketahui untuk present value dari jumlah tunggal atau anuitas.

·         Angka periodik yang tidak diketahui dapat diestimasi dengan menemukan angka periodik yang tidak diketahui pada persamaan untuk present value dari jumlah tunggal atau anuitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar