Decorated Grey Christmas Tree

Selasa, 13 Agustus 2013

Change Management / Manajemen Perubahan


Please explain the difference between power, conflict and politic in a company. Give a real example for that!
Jelaskan perbedaan power, conflict and politic dalam suatu perusahaan. Berikan contoh real di dalam suatu perusahaan!

My answer :

- Power dapat dikatakan sebagai suatu kemampuan untuk mempengaruhi orang lain terhadap suatu hal atau kemampuan untuk merubah suatu situasi. Contoh : seseorang yang memiliki tingkat kepemilikan saham yang besar dalam suatu perusahaan cenderung memiliki power atau kekuasaan untuk ikut andil dalam mengambil suatu keputusan dan kebijakan perusahaan.

- Conflict menurut saya adalah suatu masalah yang timbul karena adanya perbedaan pendapat dan kepentingan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Contoh : konflik antara karyawan dan perusahaan dapat terjadi karena adanya perubahan kebijakan perhitungan terhadap upah karyawan, namun pihak manajemen perusahaan belum menginformasikannya kepada karyawan sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh perusahaan yang berujung pada aksi demonstrasi terhadap perusahaan dan karena aksi tersebut, pihak perusahaan melakukan PHK secara besar-besaran.

- Politic adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan. Contoh : masih banyak perusahaan yang menempatkan kerabat yang memiliki hubungan dekat dengan pemilik perusahaan untuk mengisi jabatan/posisi vital dan strategis perusahaan seperti keuangan, pembelian,dll dengan alasan kepercayaan lebih diutamakan dibandingkan skill. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keyword : Power can be regarded as an ability to influence others... In my opinion, conflict is a problem that arises because of the difference of opinion between the parties and the interests of the other parties.. Politics is the process of formation and distribution of power in society..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar