Decorated Grey Christmas Tree

Selasa, 13 Agustus 2013

Knowledge Management

Please share something that you know about organise, capture, evaluate, share or store knowledge!
Coba sharing apa yang anda ketahui tentang organise, capture, evaluate, share, atau store knowledge!

My answer :

a. Organise knowledge = untuk mengatur suatu pengetahuan dapat mulai dengan mengumpulkan pengetahuan, mengelompokkannya, membuat index atau menggolongkannya dalam beberapa cara. Dalam mengorganisir pengetahuan ditekankan pentingnya ontologi dan taksonomi alat generasi untuk mengkategorikan pengetahuan pada individu, organisasi atau domain level pengetahuan.

b. Capture knowledge = teknik yang digunakan untuk mendukung proses memunculkan pengetahuan eksplisit atau tacit dari orang-orang, artefak, atau entitas organisasi. Teknik ini mengandalkan mekanisme dan teknologi untuk mendukung eksternalisasi dan internalisasi. Capture knowledge dapat diperoleh misalnya dari pendapat para pakar berupa studi literature atau dengan melakukan wawancara langsung, melakukan observasi / pengamatan langsung, bertukar pikiran. 

c. Evaluate knowledge = untuk mengevaluasi pengetahuan dapat menggunakan beberapa cara :
- Case-based reasoning (CBR) : menawarkan teknik untuk mengakuisisi dan menyimpan masalah masa lampau, solusinya dan alasan di baliknya dalam sistem pencarian.
Online analytical processing (OLAP) : menyediakan alat multidimensional untuk menganalisis dan memanipulasi data dalam berbagai kategori.
- Data mining : termasuk perkembangan berulang dalam pembersihan data, analisis data, interpretasi model dan hasil integrasi. 
- Machine based learning : fokus pada representasi kompleks, masalah tidak jelas dan metode berbasis pencarian.


d. Share knowledge = proses timbal balik dimana individu saling bertukar pengetahuan ( tacit dan explicit knowledge) dan secara bersama-sama menciptakan pengetahuan (solusi) baru. Setiap proses dalam berbagi pengetahuan selalu berhubungan dengan bagaimana mengumpulkan dan memberikan suatu informasi atau data kepada orang lain. Share knowledge ini berfokus pada kekuatan internet dan Web 2.0 dan bagaimana sharing dapat difasilitasi melalui keterlibatan dan perjanjian pengguna dalam komunitas aktif.

e. Store knowledge = proses menyimpan suatu pengetahuan dimana pengetahuan tersebut suatu saat pasti akan digunakan. Dalam store knowledge hal yang disorot adalah data warehouses dan teknik visualisasi terbaru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar