Decorated Grey Christmas Tree

Jumat, 16 Agustus 2013

Computer Software / Computer Software


Software(Peranti Lunak)
Software ,juga disebut program adalah seperangkat perintah yagn mengatakn kepada komputer apa yang harus dilakukan dan cara melakukannya.
Ada 2 kategori Software yaitu
v   Application Software
v  System Software
Berikut adalah Gambaran Umum Software Computer:
Keterangan:
1.       Software Aplikasi –Melakukan Pekerjaan,Pemorosesan Informasi bagi Pemakai Akhir. Peranti Lunak Aplikasi/Software Aplikasi (application software) terdiri atas program-program yang dirancang untuk menjadikan para pengguna lebih produktif dan atau membantu mereka mengerjakan tugas-tugas perorangan. Jenis peranti lunak aplikasi yang digunakan secara luas terkait dengan komunikasi adalah penjelajah web(Web Browser) dan Peranti lunak aplikasi laiinya adalah peranti lunak pengolah kata(word processing),spreadsheet,basis data dan presentasi.
Application Software tersedia dalam berbagai bentuk:
1.        General Purpose(productivity packages) adalah Program yagn melakukan pemrosesan informasi pekerjaan kepada end user.Contohnya Word processing dan spreadsheet.
2.       Custom Software(Peranti lunak pesanan),menjalankan fungsi-fungsi khusus bagi suatu bisnis atau industri
3.       Commercial Off the Shelf(COTS),dikembangkan dengan tujuan menjual software/program dalam bentuk copy(dan biasanya untuk laba)
4.       Open Source Software adalah peranti lunak yagn disediakan untuk digunakan,dimodifikasikan dan didistribusi ulang. Peranti lunak Open Source biasanya dapat diunduh diinternet terkadang tanpa biaya.
5.       Business Application Software
Aplikasi Bisnis Software
Fungsinya adalah untuk mendukung aplikasi tertentu pengguna akhir dalam bisnis
6.       Software Suites
§  Paket produktivitas yang paling banyak digunakan digabungkan bersama suite perangkat lunak
§  Keuntungan: Mengurangi biaya dari membeli paket-paket individual.
§  Kekurangan: Semua fitur tersebut tidak digunakan, Membawa banyak ruang disk.
7.       Integrated Packages/ terpadu paket
Paket terpadu menggabungkan fungsi beberapa program ke dalam satu paket misalnya. Microsoft Works, AppleWorks, dll
Keuntungan: Banyak fungsi untuk harga yang lebih rendah, Menggunakan ruang disk kurang, Sering pra-instal pada mikrokomputer
Kekurangan: fungsi Terbatas

Application Software
Bentuk-bentuk software:
1.       Web Browser adalah peranti lunak aplikasi yagn dapat Anda gunakan untuk mengakses dan melihat halaman-halaman Web.Untuk dapat menjelajahi Web,Anda memerlukan komputer yagn terhubung ke Internet dan memiliki program Web. Contoh yagn paling banyak digunakan adalah Internet Expoler,Mozilla Firefox,Netscape,Safari.
2.       Email (Electronic Email)
3.       Instant Messaging adalah teknologi gabungan email/konferensi komputer yagn telah tumbuh begitu cepat hingga telah menjadi metode standar untuk pesan elektronik bagi jutaan pemakai Internet di seluruh dunia.
4.       Weblog
5.       Word Processing memungkinkan kita membuat dokumen dengan memasukan teks atau angka-angka dan menyisipkan gambar-gambar grafi,menyunting (edit) dokumen serta memformat dokumen dengan mengubah penampilannya.
6.       Desktop Publishing
7.       Electronic Spreadsheet memungkinkan kita untuk mengatur data dalam baris-baris dan kolom-kolom dan melakukan perhitungan dan menghitung ulang ketika data berubah.
8.       Presentation Graphics memungkinkan untuk membuat slide yang ditampilkan pada  monitor atau layar proyeksi.
9.       Personal Information Manager adalah software terkenal untuk produktivitas dan keja sama antar pemakai akhir,selain itu juga merupakan aplikasi terkenal untuk peralatan gengam personal digital Assistant.
10.   Groupware adalah software yang membantu kelompok kerja dan tim kerja bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok.

Software Alternatives
Outsource banyak  dilakukan perusahaan untuk melakukan pengembangan dan pemeliharaan software yang mereka butuhkan.
Application Service Provider (APS) adalah perusahaan yang memiliki,mengoperasikan dan memelihara software aplikasi serta sumber daya sistem komputer(server,software sistem,jaringan,dan personal IT)yang dibutuhkan untuk dapat menawarkan penggunaan software aplikasi sebagai layanan komercial melalui Internet.

Software Sistem – Mengelola dan Mendukung Operasi Sistem serta Jaringan Komputer. Software Sistem berperan sebagai antarmuka antara pengguna,peranti lunak aplikasi dan peranti keras komputer.Untuk menggunakan Applikasi software seperti program pengolah kata ,komputer Anda harus menjalankan peranti lunak sistem,suatu sistem operasi.
Gambar 4.1 mengelompokan software sistem kedalam 2 kategori:
1.       Program Managemen Sistem
Program-program yang  mengelola hardware,software,jaringan dan sumber daya data dari sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para pemakai. Contoh Program Managemen Sistem: sistem operasi,program managemen jaringan,sistem manajemen database dan utilitas sistem.
2.       Program pengembangan Sistem
Program-program yagn membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yagn mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melaui komputer.

Operating Sistem adalah Sistem terintegrasi dari berbagai program yang mengelola operasi CPU,kendali input/output dan sumber saya serta aktivitas penyimpanan dari sistem komputer,dan yagn menyediakan berbagai layanan pendukung ketika komputer menjalankan program aplikasi para pemakai.
Sistem operasi dapat melakukan 4 fungsi dasar salam operasi sistem komputer:
1.       Interface Pemakai
Adalah bagian dari sistem operasi yagn memungkinkan Anda berkomunikasi dengan sistem operasi agar Anda dapat memasukan program,mengakses file dan menyelesaikan tugas lainnya.
2.       Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Sistem operasi menggunakan berbagai jenis program pengelola sumber daya untuk mengelola hardware dan sumber daya jaringan dari sistem komputer,termasuk CPU,memori,alat penyimpanan ,prosesor telekomunikasi dan periferal output/input.
3.       Pengelolaan File
Sistem operasi berisi berbagai program pengelolan file yagn mengendalikan pembuatan,penghapusan,dan pengaksesan file dari data dan program.
4.       Pengelolaan Tugas
Program-program pengelolaan tugas daris istem operasi mengelola penyelesaiaan tugas komputasi para pemakai akhir.
Program Manajemen Sistem Lainnya
Beberapa jenis software manajemen sistem lainnya dipasarkan sebagai program terpisah atau dimasukan sebagai bagian dari sistem operasi .
v  Program utilitas,atau utilitas melakukan berbagai pekerjaan penfaturan dan fungsi konversi file. Contoh-contohnya meliputi pembuatan cadangan data,pemulihan data,perlindungan dari virus,kompresi data dan defragmentasi data.
v  Pemonitor kinerja(Performance monitor) adalah berbagai program yagn memonitor dan menyesuaikan kinerja dan penggunaan dari satu atau lebih sistem komputer untuk menjaga mereka tetap berjalan secara efisien.
v  Pengaman Keamanan(security monitor) adalah berbagai paket software yagn memonitor dan mengendalikan penggunaan berbagai sistem komputer dan menyediakan pesan peringatan seta mencatat bukti penggunaan tidak sah atas sumber daya komputer.
Bahasa pemograman (programming language) memungkinkan pemogram untuk mengembangkan serangkaiaan perintah yagn membentuk program komputer.
4 level dari bahasa pemograman:
1.       Bahasa Mesin(Bahasa generasi awal) adalah tingkat paling dasar dari bahasa pemograman. Pada tahap awal pengembangan komputer,semua perintah program harus ditulis dengan menggunakan kode binari
2.       Bahasa Perakitan( Bahasa generasi kedua) adalah tingkat berikutnnya dari bahasa pemograman.Penggunaan bahasa perakitan membutuhkan program penerjemah bahasa yagn disebut perakitan(assembler) yagn memungkinkan sebuah komputer untuk mengubah perintah dari bahasa semacam ini ke dalam perintah mesin.
3.       Bahasa tingkat tinggi (bahasa generasi tiga) menggunakan berbagai perintah yagn disebut pernyataan,yaitu menggunakan berbagai pernyataan singkat atau istilah aritmatika
4.       Bahasa Generasi keempat menjelaskan jenis bahasa pemograman yagn lebih non prosedural dan lebih berbentuk percakapan daripada bahasa-bahasa sebelummnya. Sebagian besar bahasa pemograman keempat adalah Bahasa non prosedural yang mendorong para pemakai dan pemogram untuk menspesifikasikan hasil yang mereka inginkan. Bahasa natural kadang kala dianggap sebagai bahasa generasi kelima dan sangat mirip dengan bahasa Inggris atau bahasa manusia laiinya.

Bahasa yang berorientasi pada objek(object oriented progamming—OOP) seperti Visual Basic,C++ dan Java juga dianggap sebagai bahasa generasi kelima dan telah menjadi alat yang paling umum untuk pengembangan software. Bahasa yagn berorientasi pada objek lebih mudah dan efisien untuk memogram grafhic-oriented user interface.

Bahasa dan Layanan Web
XHTML,XML dan Java adalah tiga bahasa pemograman yang merupakan alat penting untuk membangun halama Web,situs web dan Aplikasi berbasis Web dengan multimedia.
v  XHTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pendeskripsi halaman web yang menciptakan dokumen-dokumen hiperteks atau hipermedia.
v  XML(eXtensible Markup Language) bukan merupakan pendeskripsikan format halaman Web seperti HTML. Akan ,XML mendeskripsikan isi dari halaman-halaman Web (termasuk berbagai dokumen bisnis yagn didesain untuk digunakan dalam Web) dengan cara mengaplikasikan etiket pengidentifikasi atau label kontekstual pada data dalam dokumen Web.
v  Java adalah bahasa pemograman yagn berorientasi pada objek buatan Sun Microsystem yagn merevolusi pemograman dari berbagai aplikasi untuk World Wide Web serta intranet dan ekstranet perusahaan.

Web Service(Layanan Web) adalah komponen software yang didasarkan pada kerangka kerja Web dan standar berorientasi pada objek serta teknologi untuk dapat menggunakan Web agar secara elektronik menghubungkan berbagai aplikasi dari pemakai yang berbeda dan standar komputasi yang berbeda.

Program Penerjemah Bahasa
Program –program komputer terdiri dari serangkaian perintah yang ditulis dalam berbagai bahasa pemograman yagn harus diterjemaahkan oleh penerjemah bahasa ke dalam bahasa mesin milik komputer sebelum mereka dapat diproses,atau dijalankan,oleh CPU. Program penerjemah bahasa pemograman (atau language processor) dikenal dengan banyak nama:
1.       Perakit(Assembler) menerjemahkan berbagai kode perintahsimbolis dari program yagn ditulis dalam bahasa perakitan,ke dalam bahasa perintah bahasa mesin
2.       Compiler meneterjemahkan pernyataan bahasa tingkat tinggi
3.       Penerjemah adalah jenis khusus dari compiler yang menerjemahkan dan menjalankan setiap pernyataan dalam program secara bersamaan,sebagai danti menghasilakn pertama-tama program bahasa mesin,seperti yagn dilakukan compiler dan perakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar