Decorated Grey Christmas Tree

Rabu, 14 Agustus 2013

Supply Chain Management / Manajemen Rantai Pasokan


Members of the supply chain: (a) simplified view, (b) including intermediaries
a.       Jalur supply chain tanpa adanya perantara (intermediaries)
b.       Jalur supply chain dengan menggunakan perantara (intermediaries)
Supply chain management (SCM) = Koordinasi dari semua kegiatan pasokan organisasi dari pemasok dan mitra untuk pelanggannya.
Upstream supply chain = antara organisasi dan pemasok dan perantara, setara dengan buy-side E-commerce.
Downstream supply chain = antara organisasi dan pelanggan dan perantara, setara dengan sell-side E-commerce.
Push and Pull
Tujuan khusus : mengoptimalkan proses produksi untuk biaya dan efisiensi. Ciri khas: dipimpin oleh produsen pengembangan produk baru, tidak bagusnya  pengintegrasian data melalui penggunaan  teknologi yang terbatas, siklus panjang dan waktu tanggapan, dan tingkat persediaan yang tinggi.
Penggunaan IS: manajemen data independen oleh anggota rantai pasokan.

Tujuan Khusus : meningkatkan produk dan kualitas layanan. Ciri khas: riset pasar didorong, teknologi yang digunakan untuk mencapai riset dan integrasi data, siklus pendek dan waktu respon, tingkat persediaan rendah.
Penggunaan IS: sistem internal yang terintegrasi, berbagi informasi antara anggota rantai suplai.
Push = diprakarsai oleh mengantisipasi pesanan pelanggan (memproduksi sebanyak-banyaknya)
Pull = diprakarsai oleh pesanan pelanggan (sesuai permintaan konsumen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar