Members of the supply
chain: (a) simplified view, (b) including intermediaries
a. Jalur
supply chain tanpa adanya perantara (intermediaries)
b. Jalur supply chain dengan
menggunakan perantara (intermediaries)
Supply chain management (SCM) = Koordinasi dari semua kegiatan
pasokan organisasi dari pemasok dan mitra untuk pelanggannya.
Upstream
supply chain = antara organisasi dan pemasok dan perantara, setara
dengan buy-side E-commerce.
Downstream
supply chain =
antara organisasi dan pelanggan dan perantara, setara dengan sell-side
E-commerce.
Push and Pull
Tujuan khusus : mengoptimalkan
proses produksi untuk biaya dan efisiensi. Ciri khas: dipimpin oleh
produsen pengembangan produk baru, tidak bagusnya pengintegrasian data melalui penggunaan teknologi yang terbatas, siklus panjang dan
waktu tanggapan, dan tingkat persediaan yang tinggi.
Penggunaan IS: manajemen
data independen oleh anggota rantai pasokan.
Tujuan Khusus : meningkatkan
produk dan kualitas layanan. Ciri khas: riset pasar
didorong, teknologi yang digunakan untuk mencapai riset dan integrasi data,
siklus pendek dan waktu respon, tingkat persediaan rendah.
Penggunaan IS: sistem
internal yang terintegrasi, berbagi informasi antara anggota rantai suplai.
Push = diprakarsai oleh mengantisipasi
pesanan pelanggan (memproduksi sebanyak-banyaknya)
Pull = diprakarsai oleh pesanan
pelanggan (sesuai permintaan konsumen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar