Decorated Grey Christmas Tree

Kamis, 15 Agustus 2013

Computer Peripherals : Input, Output, and Storage Technologies



1.       Peripherals :
ü  Peripheral adalah nama generik untuk semua input, output, dan perangkat penyimpanan sekunder. Merupakan bagian dari sistem komputer, tapi bukan CPU.
ü  Perangkat online = terpisah dari CPU, tapi secara elektronik terhubung & dikontrol oleh CPU.
ü  Perangkat offline = terpisah dari & tidak dikendalikan CPU.

2.       Input Technologies :
ü  Keyboard = untuk menginput angka, kata dan memiliki tombol fungsi khusus. Keyboard memiliki beberapa jenis, antara lainnya adalah portable keyboard ( bisa dilipat dan dibawa ke mana saja ) dan virtual keyboard.
ü  Graphical User Interface (GUI) = suatu sistem interface pada komputer yang memberikan atau memfasilitasi tampilan pilihan pada layar, yg biasanya berbentuk ikon (simbol gambar) atau menu (daftar karakter alfanumerik), tombol / bar sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan perintah melalui pointing devices.
ü  Electronic Mouse = untuk perpindahan pointer & memberi perintah praktis (klik kiri/kanan).
ü  TrackBall = mirip dengan mouse, untuk menggerakkan pointer dengan cara memutar bola yang berada di atas perangkat dengan ibu jari atau telapak tangan.
ü  Pointing Stick = memutar bola yg berada diatas perangkat dengan ibu jari atau telapak tangan.
ü  Touch Pad = berbentuk kecil, persegi panjang & memiliki permukaan sentuh yg sensitif di mana pointer akan bergerak mengikuti arah gerakan jari kita (biasanya pada keyboard).
ü  Touch Screen = sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital.
ü  Pen Based Computing = digunakan untuk tablet PC / PDA, memiliki layar tekanan yg sensitif, mirip dengan touch screen, dengan liquid crystal display screen, software mendigitalkan tulisan tangan, hand printing & gambar tangan.
ü  Optical Scanning = perangkat yg membaca teks atau grafik & mengubahnya menjadi masukan digital pada computer, dapat memindai, mengatur dan menyimpan dokumen.
ü  Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
ü  Optical Character Recognition (OCR) = software yg dapat membaca karakter dari kode, digunakan untuk tag barang dagangan nyata, sort mail, tes skor & bar code.
ü  Magnetic Stripe = membaca strip magnetik pada kartu kredit.
ü  Smart Card = Mikroprosesor chip dan memori pada kartu kredit.
ü  Kamera Digital = utk mengambil, menyimpan, mendownload, mengedit foto & merekam video.
ü  Magnetic Ink Character Recognition (MICR) à digunakan oleh bank untuk secara magnetis membaca cek & slip setoran, MICR ini membutuhkan tinta berbasis oksida besi.

3.       Output Technologies :
ü  Video Displays = seperti Cathode-ray tube (CRT) yaitu singkatan dari tabung sinar katoda; menggambarkan teknologi yang berada dalam monitor komputer analog atau pesawat televisi. Ukuran CRT monitor berkisar antara 15-22 inci. Semakin tinggi resolusi CRT monitor, maka gambar yang dihasilkan semakin tajam, menampilkan lebih banyak teks pada layar dan membuat beberapa elemen menjadi lebih kecil; Liquid crystal displays (LCDs), Panel Displays.
ü  Printed Output = perangkat output yang mencetak tulisan dan grafis pada kertas ( hard copy ). Contoh Inkjet printer mencetak dengan menyemprotkan aliran tinta yang cepat kering pada kertas; Laser printer à=printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak gambar pada kertas dengan kecepatan, kualitas dan resolusi yang tinggi.

4.       Direct and Sequential Access :
ü  Direct or Random Access = langsung menyimpan & mengambil data, setiap posisi penyimpanan memiliki alamat unik & dapat diakses dalam jangka waktu yg sama, merupakan disk magnetic.
ü  Sequential Access = data disimpan & diambil secara berurutan, harus diakses secara berurutan dengan mencari melalui data sebelumnya, merupakan pita perekam suara.

5.       Semiconductor Memory :
ü  Memory chip semikonduktor mikroelektronika = digunakan untuk penyimpanan primer. Keuntungannya ukuran kecil, cepat, ketahanan pada suhu tinggi, Kekurangannya volatilitas, harus memiliki tenaga listrik yg tdk terganggu (stabil) / dpt menyebabkan kehilangan memori.
Jenis memori semikonduktor :
ü  Random Access Memory (RAM) = media yang paling banyak digunakan penyimpanan utama, merupakan Volatile memori, dapat baca / tulis memori.
ü  Read-Only Memory (ROM) = penyimpanan tetap, dapat dibaca tetapi tdk dpt diperbaiki.
ü  Flash Drives à Menggunakan chip kecil yang berisi ribuan transistor, dapat menyimpan data untuk waktu yang hampir tak terbatas tanpa listrik, mudah dibawa & sangat tahan lama, kapasitas penyimpanan hingga 1 GB, plug ke port USB.

6.       Magnetic Disks = utk penyimpanan sekunder, akses cepat & kapasitas tinggi, biaya murah. Berikut di bawah ini merupakan jenis dari Magnetic Disks :
·         Floppy Disks (diskettes) = media penyimpanan murah yang portable, terdiri atas suatu lapisan film Mylar plastic yang fleksibel, tipis, dan berbentuk lingkaran dengan penutup magnetic yang tertutup dalam suatu kerangka plastic berbentuk persegi.
·         Hard Disk Drives (hard drives) = suatu alat penyimpanan yg mengandung satu / lebih plat lingkaran yg keras & dapat menyimpan data, perintah & informasi. Kita dapat menyimpan segala jenis dokumen seperti, kertas kerja, presentasi,  foto, e-mail, halaman web, dll.
ü  Redundant Arrays of Independent Disks (RAID Storage) = susunan disk dari hard disk drive, menyediakan penyimpanan online hampir tak terbatas, menggabungkan 6 > 100 disk drive kecil keras menjadi satu kesatuan, data diakses secara paralel dalam beberapa jalur dari banyak disk, penyimpanan berlebihan data pada beberapa disk memberikan toleransi kegagalan kapasitas, penyimpanan jaringan area dapat interkoneksi susunan unit RAID.

7.       Magnetic Tape = merupakan secondary storage seperti tape gulungan, kaset & kartrid, digunakan pada robot, ada arsip & backup penyimpanan, solusi penyimpanan dgn biaya rendah.

8.       Optical Disks media penyimpanan optic yang terdiri atas cakram portable, bulat dan pipih yang terbuat dari logam, plastic dan pelapis. Cakram optic ini biasanya digunakan untuk menyimpan peranti lunak, data, foto digital, film dan music. Ada 2 kategori cakram optic, CD dan DVD. Berikut ini pembahasan singkatnya :
a.       CD-ROM ( Compact Disc Read-Only Memory ) = sejenis cakram data yang dapat dibaca tetapi tidak bisa ditulisi atau dihapus isinya.
b.      Picture CD ( Kodak ) = sejenis cakram satu sesi yang menyimpan satu rol film versi digital dalam format file jpg.
c.       CD-R ( Compact Disc Recordable ) = suatu cakram optic multisesi yang dapat kita tulisi tetapi tidak dapat dihapus.
d.      CD-RW ( Compact Disc Rewriteable ) = suatu cakram multisesi yang dapat dihapus dan dapat kita tulisi beberapa kali.
e.      DVD-ROM ( Digital Versatile Disc Read-Only Memory ) = cakram optic berkapasitas sangat tinggi yang dapat kit abaca tetapi tidak dapat kita tulisi atau dihapus.
f.        DVD-R ( Recordable : direkam ulang ) dan DVR-RW ( Rewriteable : ditulis ulang ) = sama-sama membuat kita dapat menulis pada cakram sebanyak satu kali dan membacanya berkali-kali.

9.       Pembaca RFID ( radio frequency identification ) adalah teknologi yang menggunakan sinyal radio intuk berkomunikasi dengan label yang dibubuhkan dalam atau ditempelkan pada sebuah objek, binatang / manusia. Pembaca RFID membaca informasi melalui gelombang radio .
                                                  
10.   RFID versus Bar Coding :
ü  RFID = dapat menscan / mendeteksi data dengan jarak yg lebih jauh, dapat menyimpan data, memungkinkan lebih banyak informasi untuk dilacak. Untuk hal privasi, sifat system tersebut tidak terlihat & memiliki kapasitas untuk mengirimkan pesan yang cukup canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar