Decorated Grey Christmas Tree

Kamis, 15 Agustus 2013

Goods and Capital Markets / Barang dan Pasar Modal



A.   Permintaan Untuk Uang
Permintaan uang menunjukkan jumlah keseluruhan uang yang diminta dalam perekonomian pada waktu tertentu. Menurut Keynes ada 3 motivasi orang memegang uang yaitu :
a.       Motivasi transaksi menunjukkan perlunya uang kas untuk memenuhi transaksi saat ini, baik itu perseorangan ataupun perusahaan.
b.      Motivasi berjaga-jaga yang berkaitan dengan keinginan keamanan (security) karena menyangkut transaksi yang tidak terencana.
c.       Motivasi spekulasi didefinisikan sebagai usaha mencari keuntungan karena mengetahui situasi pasar lebih baik dari yang lain akibat dalam situasi ketidaktentuan diperlukan informasi yang sempurna.
Permintaan uang untuk motiv transaksi sangat bergantung dengan jumlah pendapatan yang diterima. Semakin besar tingkat pendapatan, maka tingkat pengeluaran sesorang biasanya akan semakin besar pula. Permintaan uang untuk berjaga-jaga diperlukan untuk mencadangkan pengeluaran yang mendadak / tidak terencana. Besar kecilnya uang yang dipegang juga dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. Sedangkan permintaan uang untuk motivasi spekulasi cenderung lebih dipengaruhi oleh tingkat suku bunga yang ada.
·         Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran
Uang memiliki dua jenis:
                                      i.      Mata uang à koin (uang logam) dan bill (uang kertas)
                                       ii.   Checkable deposits à giro àsuatu cara pembayaran yang diberikan oleh pihak pembayar ke bank yang selanjutnya pihak bank akan mentransfer nominal uang yang tertera di giro ke rekening pihak penerima.
·         Hubungan antara permintaan uang, pendapatan nominal dan tingkat bunga yaitu:
Md = Y L(i), Md = demand for money (permintaan uang), d singkatan untuk permintaan Y = nominal income, L =  function of interest rate ( i)
Maksudnya adalah permintaan uang dipengaruhi 

B.   Permintaan Uang
·         Permintaan uang meningkat sebanding dengan pendapatan nominal. Jika pendapatan nominal naik, meningkat dari Rp. Y to Rp. 2 Y, maka permintaan uang juga naik, meningkat dari Rp. YL(i) to Rp. 2Y L(i)
·         Permintaan untuk uang bergantung secara negatif pada tingkat bunga. Hal ini dapat diartikan sebagai fungsi L (i) dan tanda negatif di bawahnya: Kenaikan tingkat bunga meningkatkan permintaan uang.

C.   Meningkatkan Tingkat Bunga I
·         Jika bank central memutuskan untuk memasok sejumlah uang sama dengan M, jadi:
a.       Ms = M
·         s = pasokan
·         Penawaran uang = Permintaan uang
M = Rp Y L(i) , Y = nominal income, L =  function of interest rate ( i)

D.   Menentukan Suku Bunga II
·         Penawaran dan permintaan uang bank central:
-          Permintaan terhadap uang bank sentral sama dengan permintaan untuk mata uang oleh orang ditambah permintaan untuk cadangan oleh bank
-          Suplai uang bank sentral berada di bawah kontrol langsung dari bank sentral
-          Tingkat bunga ekuilibrium adalah sedemikian rupa sehingga permintaan dan pasokan untuk uang bank sentral adalah sama

E.   Permintaan Untuk Uang
·         Md = Y L(i)
·         Menganggap: orang memegang proporsi yang tetap dari uang mereka dalam mata uang, c dan memegang proporsi yang tetap (1-c) dalam deposito. Hubungi permintaan untuk mata uang adalah CUD (CU for currency and d for demand). Hubungi permintaan untuk deposito Dd (D for deposits and d for demand), dua tuntutan yang diberikan :
-          Cud = c Md
-          Dd = (1-c)Md

F.    Permintaan Cadangan
·         R Menunjukkan cadangan bank. D menunjukkan jumlah deposito rupiah, Hubungan antara R and D:
a.       R θD
b.      Rd = θ(1-c)M

G.  Permintaan Uang Bank Sentral
·         Panggil Hd sebagai permintaan uang bank sentral
·         Hd = Cud + Rd
·         Ganti permintaan keseluruhan untuk uang, Md:
·         Hd = (c + θ(1-c)) . YL(i)
·         Penentuan tingkat bunga:
·         Suplai uang bank sentral sama dengan permintaan uang bank sentral
·         H = Hd
·         H =(c + θ(1-c)) . YL(i) 

H.  Barang dan Hubungan IS
         Z = C(Y-T) + Ī + G
Kondisi ekuilibrium diberikan oleh :
         Y = C(Y-T) + Ī + G
         Menggunakan kondisi kesetimbangan, faktor-faktor yang bergerak output ekuilibrium harus diketahui. Ex: perubahan pengeluaran pemerintah atau pergeseran permintaan konsumsi

I.      Goods and IS Relation
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar