Benedict Ananggadipa -
Shierla –
Wirawan –
Yovika Barus -
(Bina Nusantara University)
WARNING : Please DO NOT COPY as your own work!! Respect the work of others!!
Perbedaan antara
Manager dan Change
Manager adalah seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain
dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka guna mencapai
sasaran organisasi. Managemen adakah proses pengkoordinasikan kegiatan-kegiatan
pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut terselesaikan secara efisien dan efektif
dengan dan melalui orang lain.
Pemimpin adalah orang yang mampu memepengaruhi orang lain dan yang
memiliki otoritas managerial. Kepemimpinan itu sendiri adalah kemampuan untuk
mempengaruhi sebuh kelompok menuju tercapainya tujuan-tujuan. Seorang manager
itu idealnya haruslah pemimpin. Tetapi bukan semua pemimpin dengan sendirinya
mempunyai kemampuan-kemampuan atau ketrampilan –ketrampilan dalam fungsi-fungsi
managemen lain,dengan demikian,tidak semua pemimpin harus menduduki posisi
managemen,seperti para pemimpin yang ditunjuk atau muncul dalam suatu
kelompok(informal).
Seorang manajer belum tentu dapat
menjadi seorang pemimpin, tetapi seorang pemimpin dituntut untuk dapat berperan
sebagai manajer (berfungsi mengatur). Agar mampu bertahan di era
perubahan dan persaingan global sekarang ini, organisasi atau perusahaan
memerlukan seorang pemimpin, bukan lagi manajer. Tidak hanya
pemimpin di levelmanagement, tetapi tiap-tiap individu yang ada di dalam
organisasi setidaknya diharapkan dapat menjadi pemimpin untuk dirinya
sendiri. Berikut perbedaan antara manajer dan pemimpin menurut Manik
Cinderano:
Perbedaan Manajer dan
Pemimpin
Manajer
|
Pemimpin
|
Mengatur
|
Menginovasi
|
Jiplakan
|
Orisinil
|
Memelihara
|
Mengembangkan
|
Mengandalkan kontrol
|
Mengilhami/memotivasi
|
Berpandangan sempit
|
Memiliki Perspektif luas
|
Bertanya bagaimana dan kapan
|
Bertanya apa dan mengapa
|
Menerima status quo
|
Menentang status quo
|
Menaiki tangga dengan efektif
|
Menciptakan anak tangga dan meletakkan di tempat
yang benar
|
Mengerjakan berbagai hal dengan tepat
|
Mengerjakan hal yang tepat
|
Dalam fungsi manajemen, seorang manajer
dan pemimpin melaksanakan tugas-tugas manajemen secara
berbeda. Secara lebih detail fungsi-fungsi perencanaan yang
dilakukan manajer dan pemimpin dapat dibedakan sebagai berikut:
Fungsi Manajemen
|
Manajer
|
Pemimpin
|
Perencanaan
|
- Merencanakan
- Membuat
anggaran biaya
- Menetapkan
target
- Menetapkan
langkah-langkah teknis
- Mengalokasikan
sumberdaya
|
- Mengembangkan
strategi
- Menetapkan
arahan
- Menciptakan
visi dan misi
|
Pengorganisasian
|
- Membuat
struktur
- Membuat
deskripsi pekerjaan
- Melakukan
staffing
- Mendelegasikan
tugas
- Memberikan
training
|
- Mengajak
orang-orang untuk melaksanakan strategi
- Menjalin
komunikasi
- Menjalin
jaringan kerjasama
|
Pengarahan
|
- Mengatasi
masalah
- Melakukan
negosiasi
- Melakukan
konsensus
|
- Memberdayakan
sdm
- Memberikan
motivasi
|
Pengawasan
|
- Menerapkan
sistem pengendalian dari perusahaan
- Menilai
kinerja
|
- Memberikan
motivasi
- Memberikan
inspirasi
|
Mintzberg’s Managerial roles
•
Figurehead(bukan pemimpin
sungguh-sungguh)
Jadi manager
berperan sebagai perwakilan atau simbol dalam organisasi. Contohnya adalah
menghadiri rapat untuk kepentingan organisasi.
•
Leader
Manager sebagai
seorang leader memperhatikan dengan hubungan interpersonal,apa yang memotivasi
staffnya dan keperluan yang mungkin mereka butuhkan.
•
Liaison(hubungan)
Tugas penghubung
menekankan pada jaringan hubungan dengan pihak dalam dan laur
organisasi.Berhubungan dengan pihak luar mengizinkan manager untuk mengumpulkan
informasi dan mungkin datang melalui keterlibatan pada jaringan profesional.
•
Monitor
Melakukan pengawasan
terhadap lingkungan agar tetap diinformasikan tentang aktivitas pesaing,legistasi baru, perubahan
pada pasar .Semuanya merupakan bagian dari tugas manager dalam melakukan
monitoring.
•
Disseminator(orang yang
menyebarkan)
Tugas dari
penyebaran mencakup menjaga agar para staff tetap diinformasikan.
•
Spokesperson
Sebagai seorang
pembicara,manager memberikan infromasi ke pihak luar organisasi. Jadi para
manager berbicara demi kepentingan organisasi misalnya adalah aktivitas dan
juga peraturan.
•
Entrepreneur
Tugas dari
entrepreneur dikaitkan dengan asosiasi demgan inovasi dan perubahan. Ini
termasuk desain dan implementasi dari tipe-tipe yang berbeda dari perubahan.
•
Disturbance Handler
Tugas manager dalam
hal ini adalah bertindak dalam memecahkan masalah yang timbul,yang sering kali
tidak diharapkan. Pelaksana untuk campur tangan
dalam situasi konflik atau mencari solusi pada kerusakan mesin adalah
contoh dari tugas ini.
•
Resource Allocator
Melakukan alokasi
pada sumber-sumber seperti uang,waktu,pekerja.
•
Negotiator
Negosiasi dilakukan oleh manager biasanya dalam
kondisi untuk menentukan siapa yang melakukan tugas tersebut.
Pendekatan ke
teori Kepemimpinan
1.
The Trait
theory
Teori
Trait menyatakan ide bahwa pemimpin dilahirkan dan bukan diciptakan,Namun
Stodgill(1948) dan Mann(1959) datang dengan kesimpulan bahwa ada beberapa
hubungan antara yang dimiliki oleh pemimpin dan performance dari pemimpin.
2. Kajian Universitas Ohio dan universitas Michigan
-
tenggang rasa : seorang pemimpin yang mau mengerti
permasalahan yang dihadapi pekerja dan memberikan apa yang dibutuhkan dalam
menyelesaikan pekerjaan bawahan
-
Mengawali struktur : menstruktur atau mendesain pekerjaan
dengan hubungan kerja antar bagian dalam mencapai sasaran kerja (ada job
analysis, job description, dan job relation)
Kajian Universitas
Michigan:
-
Orientasi karyawan : pemimpin yang memiliki hubungan
antar pribadi dan memberikan perhatian pada kebutuhan karyawan
-
Orientasi produksi : pemimpin yang mengetahui dan
memahami cara kerja dan bentuk permasalahan yang dihadapi karyawan
The Leadership Grid
Figur dibawah ini menunjukan 5 tipe yang berbeda.
Kombinasi dari prihatin pada orang dan prihatin pada produksi terlihat pada
figur di bawah ini:
The Leadership Grid
•
The 9,1 Authority-Compliance leader
Orientasi pada tugas tinggi dan orientasi ke pekerja
rendah,penekanan pada efisiensi dan kebutuhan organisasi dengan mengorbankan
kebutuhan orang-orang. Adanya kepercayaan bahwa produksi hanya dapat diperoleh
apabila orang diawasi secara dekat dan dikendalikan.Menurut blake dan McCanse:
Sebuah gaya jaringan seperti 9,1 tidak mungkin untuk memperoleh kerja sama, keterlibatan
atau komitmen mereka yang diharapkan untuk menyelesaikan tugas.
•
The 1,9 Country Club Leadership Style
Didasari pada asusmsi bahwa produktivitas akan
mengikuti apabila kebutuhan orang dipuaskan. Pemimpin ini percaya bahwa orang
tidak dapat ditekan dalam melakukan hal—mereka perlu diperlakukan dengan baik
agar mereka bisa melakukannya dengan baik. Namun leaderhip gaya, meskipun mendorong
hubungan ramah dan menyenangkan.Kreativitas dan inovasi terancam karena konflik
yang mungkin timbul sebagai akibat dari tantangan dengan cara-cara yang ada
untuk melakukan hal-hal.
•
The 1,1 Impoverished Management or Laissez-Faire leadership style
Gaya kepemimpinan ditandai dengan perhatian minimum
untuk produksi dan kebutuhan orang-orang .Hasrat pemimpin
adalah untuk tetap tidak terlibat dengan
orang lain, Harmonis dengan memenuhi persyaratan pekerjaan dan mempertahankan
keanggotaan organisasi. Konflik sengaja dihindari dengan tetap netral pada
kebanyakan isu-isu
•
The 5,5 Middle of the Road Leadership style
Fokus dengan sedang(moderate) dari pada performance
yang tinggi. Gaya berorientasi pada tim,
tetapi karena negatif tidak ditoleransi puas dapat mengatur dan tim bisa
melupakan realitas.
•
The 9,9 Style of Team Management
Berbeda
dengan gaya kepemimpinan 5,5, yang mengasumsikan kontradiksi yang melekat
antara produksi dan masyarakat,Tipe 9,9 mengasumsikan bahwa diperlukan perhatian
yang baik dan bahwa kedua orientasi tidak bertentangan satu sama lain. Ada
penekanan pada bekerja sebagai sebuah tim yang mengakui saling ketergantungan
orang dengan satu sama lain, bersama-sama dalam melakukan tugas yang harus
dilakukan. Hubungan antara orang-orang didasarkan pada saling percaya dan
menghormati, dan bekerja diasumsikan dicapai hanya jika CPNS berkomitmen untuk
tugas, tim dan organisasi.
Kepemimpinan LeagerShip grid mengasumsikan bahwa terdapat 1 tipe
kepemimpinan yang terbaik yaitu tipe kepemimpinan 9,9 ‘Team Management’’-Tanpa
menghiraukan situasi.Dan ini merupakan jalan yang tersimpel untuk
mengkategorisasikan aspek-aspek yang berbeda dari perilaku kepemimpinan.
Sebagai tambahan,Useem,melakukan pembelajaran atas 48 perusahaan
diantara perusahaan terbesar di US,memberikan perilaku yang
mengkarakterisasikan pegawai chief,yaitu:
1.
Menjadi visionary
2.
Menunjukan
kepercayaan diri yang tinggi dalam diri sendiri maupun orang lain
3.
Mengkomunikasikan
pengharapan performance yang tinggi dan standard yang tinggi
4.
Menungukan
pandangan ,nilai dan standard dari perusahaan
Menunjukan pengorbanan personal ,ketetapan hati dan
ketekuan
Pendekatan contingency ke
leadership
Meskipun sifat dan gaya teori kepemimpinan memiliki beberapa dukungan
ada banyak hal yang dapat mempengaruhi seorang pemimpin atas dan di atas
kualitas seorang pemimpin dan perilaku. Researcers mulai menghargai bahwa
perilaku pemimpin yang efektif tidak dapat dipisahkan sepenuhnya dari situasi
bahwa pemimpin s bekerja dengan. perilaku yang efektif karena itu bergantung
pada variabel situasional
Force yang digunakan untuk menentukan leadership style yang akan
digunakan :
-
Force in
manager .
Setiap manajer akan memiliki kombinasi dari
karakteristik personal, skill dan pengetahuan , values dan sikap masing-masing
memberi kecenderungan adopsi satu gaya tertentu kepemimpinan atau yang lain.
-
Force in
the surbodinate
bawahan bervariasi dalam karakteristik mereka seperti
tingkat dukungan yang diperlukan, pengalaman mereka dalam dan pengetahuan
tentang pekerjaan, komitmen terhadap tujuan organisasi, harapan tentang
bagaimana para pemimpin akan berperilaku dan pengalaman sebelumnya gaya
kepemimpinan yang berbeda.
-
Force in
the situation
ini dibagi menjadi dua kategori
pertama, sifat dari tugas atau masalah itu sendiri
dan, kedua, konteks umum dimana kegiatan kepemimpinan berlangsung. Hal ini
dapat mencakup kedekatan dan tingkat keparahan masalah, waktu yang tersedia
untuk membuat keputusan, budaya organisasi dan saldo kekuasaan antara peserta
dalam situasi dan peluang umum dan kendala yang timbul dari struktur organisasi
dan proses serta pengaruh lingkungan dan sosial
Fielder contingency model of
leadership
Ada tiga macam situasi variable yang dapat mengukur leadership style
untuk diadopsi :
-
Leader-member
relations : sejauh mana leader mendapatkan dukungan dari anggota grup dia .
Dimana berhubungan juga dengan kemauan anggota grupnya untuk mengerjakan apa
yang disuruh oleh leader, tingkat kepercayaan antara leader dan follower dan
sejauh mana follower mendukung leader dalam pengambilan keputusan.
-
Task
structure : Berkaitan dengan sejauh mana tujuan dari grup ditentukan dengan
baik dan hasil kerja dapat dinilai sebagai sebuah keberhasilan atau kegagalan.
-
Position
power : Jumlah kekuatan pemimpin yang di miliki lebih dari pengikut (follower).
Hersey and blachard
situational theory :
Kesulitan yang lain contingency teori adalah tentang seberapa penting yang harus melekat
pada setiap faktor kontingensi. Jelas tugas dan jumlah kekuasaan yang dipegang
oleh pemimpin yang penting, tetapi tampaknya logis bahwa karakteristik dan
harapan anggota kelompok atau bawahan yang lebih penting dalam menentukan apa
gaya pemimpin untuk mengadopsi - setelah semua, merekalah yang harus melakukan
tugas.
Point hersey dan teori kepemimpinan situasional
blanchard yang menempatkan terbesar pada salah satu faktor situasional utama -
kesiapan dari pengikut. Menurut teori ini, perilaku pemimpin lagi menampilkan
seperti bahwa seorang pemimpin bisa menjadi rendah pada tugas dan perilaku hubungan dan tinggi pada kedua atau tinggi pada satu
dan rendah yang lain. Akibatnya perilaku seorang pemimpin jatuh ke dalam salah
satu dari 4 quadran.
Path- goal theory of
leadership
Teori Path-theory menyatakan bahwa pemimpin harus menggunakan gaya
kepemimpinan yang paling efektif dalam mempengaruhi persepsi bawahan dari
tujuan yang mereka butuhkan untuk mencapai cara di mana mereka harus dicapai.
Teori ini berhubungan langsung dengan thoeries harapan motivasi dalam bahwa
seorang pemimpin akan dinilai berhasil jika mereka dapat membantu bawahan
mengubah usaha dalam perfomace tepat dan tingkat tinggi. empat perilaku
pemimpin yang disarankan path-theory adalah
-
Direct
behaviour
menetapkan standard , dan memberitahu apa yang harus
dilakukan dan bagaimana caranya melakukanny
-
Supportivebehavior
menunjukkan kepedulian terhadap pengikut secara terbuka dan didekati
menunjukkan kepedulian terhadap pengikut secara terbuka dan didekati
-
Participative
behavior
Meminta pendapat dan ide-ide dari pengikut
-
Achievement
behavior
Menetapkan tujuan tantang dan menunjukkan kepercayaan
bahwa follower dapat mencapai.
Dua faktor situasional yang dominan yang relevan
dengan teori ini. Ini adalah karakteristik dari pengikut dan sifat dari tugas
atau pekerjaan dan konteks langsung di mana itu terjadi. Tantangan bagi
pemimpin adalah menggunakan gaya yang sama dan sebangun dengan keterampilan,
motivasi dan harapan pemimpin adalah dengan menggunakan gaya yang kongruen
dengan tujuan dicapai, desain pekerjaan dan sumber daya dan waktu yang
tersedia.
Problem with contingency theory
Meskipun itu telah dilakukan banyak diteliti, dari waktu ke waktu
menjadi jelas bahwa contigency theroy memiliki beberapa keterbatasan yang
serius :
-
ada terlalu
banyak variabel contengent bahwa teori harus menjelaskan
-
Studi
kesulitan untuk membenarkan mengapa beberapa variabel situasional harus
dimasukkan dan lainnya dikecualikan
-
perilaku
pemimpin tidak selalu situasional kontingen
-
sebagian
besar penelitian adalah cross sectional whcih berarti tidak mungkin untuk
penyebab terpisah dari efek
Model perilaku transformasional kepemimpinan menambah dua dimensi
kepemimpinan yang diidentifikasi baik di Ohio State dan Michigan University
Studies. Dalam banyak literatur kepemimpinan ada suatu asumsi umum yang
menyatakan transformational kepemimpinan
ada dengan cara ke depan dan bahwa dimana perubahan radikal yang mengatakan
lebih mungkin efektif.
Pada gambar diatas menjelaskan bahwa model kepemimpinan transformasional
tidak hanya meliputi karakter seorang pemimpin, sikap dan perilaku tetapi juga
reaksi dari pengikut.
Tim dan Kepemimpinan
didistribusikan
Tim dan teori kepemimpinan didistribusikan bergerak menjauh dari
tokoh-tokoh tunggal dan mengakui bahwa kepemimpinan dapat ditunjukkan oleh
orang-orang di seluruh organisasi. Robbins and Coulter (2005, p. 435) mengusulkan empat bidang utama yang
membedakan tim leadership dari pemimpin sebagai heroik individu:
1. Kemampuan untuk bertindak
sebagai penghubung dengan orang-orang dan departemen luar tim
2. Kemampuan untuk bertindak
sebagai pemecahan masalah untuk mencoba dan menyelesaikan masalah / masalah di
tingkat tim
3. Kemampuan untuk menyelesaikan
konflik di tingkat tim
4. Kemampuan untuk bertindak
sebagai pelatih yang memastikan bahwa semua anggota tim mengembangkan penuh
potensi mereka.
Teamwork menekankan konsep-konsep seperti berinteraksi atau koordinasi,
membagi peran kepemimpinan, individu dan tanggung jawab bersama, produk kerja
kolektif dan keputusan melalui persetujuan umum (Baker and Salas, 1997;
Katzenbach dan Smith, 1993; Senior and Swailes, 2007).
Kepemimpinan didistribusikan menempatkan pemimpinan 'dalam konteks
partisipatif, pengambilan keputusan bersama, yang merangsang dan menyebabkan
lebih efektif pada perubahan organisasi' (Anderson et al. 2003, p.29). Hal tersebut menjelaskan ide yang memungkinkan
pengikutnya untuk menjadi pemimpin dan manfaat kepemimpinan didistribusikan
kepada manajemen senior dan lain-lain adalah:
o Menghindari overload dari
staf senior
o Menawarkan pertumbuhan dan
peluang pembangunan di seluruh angkatan kerja
o Memungkinkan individu dan
kelompok dengan kemampuan yang paling tepat membuat keputusan
o Membangun motivasi dan
komitmen
Kepemimpinan Otentik
Teori kepemimpinan
otentik memberikan beberapa antidot untuk sisi gelap ini, yang menjadi dasar
pada gagasan bahwa pemimpin harus mengetahui diri mereka dan mengetahui
pengalaman mereka dalam kehidupan telah menjadikan mereka aeperti apa (Shamir
and Eilan, 2005). Pemimpin yang otentik mengetahui siapa dan seperti apa mereka
dan tidak mencoba untuk mengcopy dan meniru orang lain. Atribut dari
kepemimpinan otentik termasuk:
·
Menjadi diri mereka yang sebenarnya.
·
Kerendahan hati dan kesopanan.
·
Melihat situasi dari sisi jarak pandang, membawa keluar
ketegangan yang ada dan dilemma moral yang ada.
·
Merasakan diri seseorang yang benar dan salah dan mengikuti
standar pribadi dalam keputusan dan hubungan.
Teori kepemimpinan
otentik sangatlah kuat dan sekarang merupakan alas an yang bagus untuk memikirkan
bisnis kepemimpinan akan membutuhkan pergerakan dalam arahan jika organisasai
memiliki dukungan dari pegawai mereka maupun dari pemerintahan dan lingkungan
masyarakat.
Pendekatan Kritis untuk Kepemimpinan
Gendered Leadership
Jika budaya kerja
yang agresif maka baik pria maupun wanita manajer harus merespon dengan
meyesuaikan perilaku. Karakteristik yang biasa mengiringi kontrol seperti
ketegasan dan ketangkatasan untuk menghukum orang, bagaimanapun kurang dapat
diterima dalam masyarakat kontemporer daripada yang dulu.
Reanalyzing Leadership Stories
Seorang pemimpin baru mengumumkan sebuah strategi baru
untuk diprioritaskan dan kekuatan pekerja yang baru. Biarpun telah menyesuaikan
diri pada kekuatan pekerja pada posisi
yang baru dan meninjau kembali 'indikator dari total performa' yang telah
diperkenalkan untuk mengukur hasilnya.
Memimpin Perubahan
Dunphy and Stace
31998, 1993) model pendekatan untuk pengubahan pada dua dimensi, tingkat
penyesuaian lingkungan yang diperlukan untuk memulihkan lingkungan yang layak
dan gaya kepemimpinan yang diperlukan untuk menyetel kembali hal tersebut.
Penyesuaiannya dikategorikan sebagai berikut:
1. Fine tuning -
secara khusus mengarah pada level bawah, misalnya menjelaskan tujuannya,
prosedur dan metodologi penyulingan.
2. Incremental
adjustment - menjelaskan perubahan tetapi tidak pada skala radikal, misalnya
pengubahan struktur, menggunakan metode produksi yang baru.
3. Modular
transformation - penyusunan kembali secara umum dari bagian sebuah organisasi,
misalnya merestrukturisasikan secara umum, perluasan atau penyusutan
4. Corporate
transformation - Perubahan seluruh organisasi dengan strategi bisnis, misalnya,
meninjau kembali tujuan, restrukturisasi organisasi yang luas , top manajemen
yang baru.
Kategori dari kepemimpinan
adalah:
1. Collaborative - partisipasi dari pegawai secara keseluruhan
2. Communicative - menyetarakan setiap orang pada goal setting
3. Directive - wewenang dari manajerial mrupakan kekuatan
4. Coercive - perubahan itu mendesak dan memaksa.
Obstructing and Facilitating Change(Menghalangi dan Memfasilitasi
Perubahan)
Jika perubahan akan
bekerja kemudian mendapatkan reaksi yang tepat dari karyawan sangat penting.
Memang, reaksi karyawan bisa dibilang memiliki dampak terbesar pada
keberhasilan inisiatif perubahan. Seperti kita lihat di atas Namun, banyak
rekomendasi untuk perubahan manajemen menawarkan resep untuk pencocokan gaya
kepemimpinan dengan tingkat perubahan dalam cara yang sangat baku dan normatif
dan sikat atas beberapa masalah mendalam yang jelas melatih pikiran mereka yang
hidupnya lain ingin mengubah.Tingkat kegagalan tinggi yang mungkin menyiagakan
bagaimana kesulitan yang akan terjadi dalam memanage reaksi dari pegawai.Tapi
apa yang sebenarnya merupakan perlawanan dalam perubahan dan mengapa itu sangar
bisas dalam hubungan untuk kesiagaan dalam perubahan.
Cynicism and Scepticm
Kedua konsep ini
cukup erat akan tetapi juga cukup berbeda. Stanley dkk menganggap skeptis bahwa
terhadap perubahan adalah 'keraguan tentang kelangsungan hidup perubahan untuk
pencapaian tujuan yang dinyatakan perusahaan. Skeptis ,karena tidak percaya
bahwa perubahan dimaksud akan membawa manfaat seperti yang dimaksudkan jika diimplementasikan.
Stanley menemukan bahwa sinisme adalah prediktor penghalangan
terhadap perubahan, meskipun sambungan tidak sekuat seperti yang diantisipasi.
Hubungan antara sinisme dan resistensi menyiratkan bahwa agen perubahan harus
bekerja pada mengatasi reaksi sinis dalam strategi komunikasi.Pentingnya
berkomunikasi dengan karyawan dikenal dan mengambil kepentingan yang tinggi
ketika perubahan dibutuhkan. Bordia dan rekan menemukan bahwa komunikasi selama
perubahan sangat penting untuk mengelola ketidakpastian karyawan dan perasaan
kehilangan kontrol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar