Decorated Grey Christmas Tree

Rabu, 14 Agustus 2013

Summaries of Marketing Strategy and e-Business / Ringkasan Strategi Pemasaran & e-Business (UTS)

1-2. Introduction to e-business and e-commerce
The relationship between intranets, extranets and the Internet
 
·       Media Pendukung Jaringan e-business:
    - Internet adalah jaringan fisik yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia,terdiri dari infrastruktur jaringan server dan jaringan komunikasi yang saling berhubungan sehingga dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi internet adalah jaringan yang menghubungakan beberapa komputer secara global untuk memudahkan pertukaran informasi dan data di antara pada user.
   - Intranet adalah jaringan pribadi dalam sebuah perusahaan tunggal dengan menggunakan standar internet untukmemnungkinkan karyawan untuk mengakses an berbagi informasi menggunakan teknologi penerbitan web. Jadi intranet adalah jaringan komputer yang diciptakan organisasi. Perusahaan menggunalan ontranet untuk penyaluran iformasi seperti dokumen yang saling terhubung dan untuk memfasilitasi gabungan kerjasama antar pegawai. Ini adalah jaringan pribadi yang hanya bisa digunakan untuk pengguna yang memiliki aksses.
    - Ekstranet adalah jaringan yang menggunakan intrenet untuk menghubungkan beberapa intranet. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa ekstranet adalah jaringan intranet yang lingkupnya lebih luas,karena menghubungan antara dua atau lebih organisasi yang berguna untuk pertukaran data mereka. Extranet menghubungkan berbagai kegiatan proses bisnis dengna supplier,vendor dan partner ship.
  
·  What is e-business and e-commerce? What's the different? Apa yang dimaksud
   dengan e-bisnis dan e-commerce?
   - e-Business adalah sebuah pertukaran informasi melalui media elektronik, baik di dalam
     organisasi dan dengan para stakeholder eksternal untuk mendukung berbagai proses
     bisnis. e-business adalah perdagangan elektronik dalam arti luas, yaitu mencakup
     banyak kegiatan lainnya,seperti perdagangan bisnis dengan bisnis lain dan proses
     internal yang digunakan perusahaan untuk mendukung pembelian mereka, menjual,
     menyewa, perencanaan dan kegiatan lainnya. 
   - e-Commerce merupakan suatu proses pembelian,penjualan ,pengiriman atau
     pertukaran produk,jasa atau informasi melalui jaringan komputer,termasuk di dalamnya
     penggunaan internet.


The distinction between buy-side and sell-side e-commerce

Buy side commerce mengau pada transaksi antara organisasi/perusahaan dengan supplier. Dimana transaksi untuk mendapatkan bahan baku yang diperlukan oleh organisasi dari suppliernya.
Sell side commerce mengacu pada transaksi antara supplier organisasi dengan konsumennya. Transaksi yang terkait adalah penjualan produk oleh organisasi ke konsumen.

Transaksi dalam sell side e commerce:
       1. Transactional e commerce site—memungkinkan pembelian produk secara online. Termasuk site retail,site travel dan service online banking.
       2. Service oriented relationship building web site—menyediakan informasi untuk mendorongb pembelian dan membangun hubungan.
3. Brand Building Site—menyediakan pengalaman untuk mendukung brand. Portal or media site—menyediakan informasi atau berika mengenai topik..intinya portal mengacu pada “gerbang informasi”.

E-business Opportunity : 
- Reach = Over 1 billion users globally, Connect to millions of products
Jadi dengan menggunakan e bisnis maka mendapat kesempatan untuk membangun hubungan yang dekat dengan konsumen sekarang dan supplier. 
- Richness = Detailed product information on 20 billion + pages indexed by Google. Blogs, videos, feeds… Personalized messages for users. Dengan menggunakan servis e bisnis otomatis akan mengurangi cost.
-Affiliation = Partnerships are key in the networked economy

Beberapa jenis transaksi dalan e-commerce:
-          Business to Consumer
Transaksi komercial antara organisasi dengan konsumen,seperti yang dijalankan Amazon,yahoo!
-          Business to Business
Transaksi komersial antara organisasi dengan organisasi lain (interorganizational marketing)
-          Consumer to Consumer
Transaksi yang melibatkan konsumen dan konsumen . Contohnya seperti e bay,dimana konsumen (dan juga bisni) dapat membeli dan menjual satu sama lain dalam proses lelang di sebuah situs lelang



4-5. e-commerce fundamental
·       Lingkungan di mana layanan e-bisnis disediakan


·       Peluang & Kendala Lingkungan :
-          Cusomer = layanan pada bidang apa yg ditawarkan melalui situs web mereka yg dapat didukung organisasi kita?
-          Competitor = perlu ada patokan untuk meninjau apakah layanan online yg diberikan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan organisasi kita?
-          Intermediaries = perantara baru / yang sudah ada yang menawarkan produk / jasa dari pesaing Anda saat Anda tidak terwakili
-          Supplier = apakah pemasok menawarkan metode yang berbeda terhadap pengadaan untuk pesaing yang memberi mereka keunggulan kompetitif?
-          Society = social budaya, moral


·       B2B and B2C interactions between an organization, its suppliers and its customers



·       B2B and B2C Characteristics
Characteristic
B2C
B2B
Proporsi pengadopsi dengan akses
Low to medium
High to very high
Kompleksitas keputusan membeli
Relatif sederhana -  individual and influencers
Lebih kompleks - proses pembelian melibatkan pengguna, specifier, pembeli, dll
Saluran
Relatif sederhana - langsung atau dari pengecer
Lebih kompleks, langsung atau melalui grosir, agen atau distributor
Karakteristik pembelian
Nilai rendah, volume tinggi atau bernilai tinggi, volume rendah. Keterlibatan mungkin tinggi
Volume yang sama / nilai. Mungkin keterlibatan tinggi. Repeat order (rebuys) lebih umum
Karakteristik produk
Sering merupakan item terstandarisasi
Item standar atau dipesan lebih dahulu untuk dijual


7-8. e-business Infrastruktur
Infrastruktur E-business mengacu pada kombinasi hardware seperti server dan PC client dalam suatu organisasi, jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ini dan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pekerja dalam e-bisnis dan juga untuk mitra dan pelanggan. Infrastruktur juga dapat dipertimbangkan termasuk metode untuk data penerbitan dan dokumen diakses melalui aplikasi e-bisnis. Sebuah keputusan kunci dengan pengelolaan infrastruktur ini adalah elemen yang berada dalam perusahaan dan yang dikelola secara eksternal sebagai pihak ketiga yang dikelola aplikasi, server data dan jaringan.

·       Penilaian risiko Infrastruktur. Tujuan = Untuk menunjukkan potensi masalah kepada pelanggan, mitra dan staf dari e-bisnis jika infrastruktur teknis tidak dikelola secara memadai.



Middleware : software yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara aplikasi bisnis termasuk transfer data dan kontrol.
Enterprise Application Integration (EAI) : Software yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara aplikasi bisnis termasuk transfer data dan kontrol.
Firewall : Sebuah aplikasi perangkat lunak khusus yang dipasang pada server pada titik di mana perusahaan terhubung ke Internet. Tujuannya adalah untuk mencegah akses yang tidak sah ke dalam perusahaan dari pihak luar.

Web technology
World Wide Web (WWW) : Teknik yang paling umum untuk mempublikasikan informasi di Internet. Hal ini diakses melalui web browser yang menampilkan halaman web grafis tertanam dan HTML / teks XML-encoded.
Hyperlink: Sebuah metode bergerak antara satu halaman situs web dan lainnya, menunjukkan kepada pengguna dengan gambar atau teks yang disorot oleh menggarisbawahi dan / atau warna yang berbeda.
Browser plug-in
: Sebuah program add-on untuk browser web, menyediakan fungsionalitas tambahan seperti animasi.
Ekstensi browser : Kemampuan browser untuk menambahkan layanan baru melalui baru add-ons atau plug-in atau menyesuaikan melalui tema visual yang berbeda, terutama digunakan pada browser Mozilla Firefox.

Web browsers and servers
Web browser : Browser seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer menyediakan metode mudah mengakses dan melihat informasi yang disimpan sebagai dokumen web pada server yang berbeda.
Web server : Menyimpan dan menyajikan halaman web diakses oleh web browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar