Decorated Grey Christmas Tree

Selasa, 13 Agustus 2013

Introduction to Management and Business / Pengantar Manajemen dan Bisnis

Here are some simple questions in course "Introduction to Management and Business"
Di bawah ini beberapa pertanyaan sederhana dalam mata kuliah Pengantar Manajemen dan Bisnis

Questions :
1. Siapa itu manajer? Who is the manager?
2. Apa itu manajemen? What is management?
3. Apa itu organisasi? What is organization?
4. Mengapa belajar manajemen? Why study management?

My answer :
(I'm sorry I can't translate all to English, because it's too much ahaha =) I think you can use google translate)

1. Manajer adalah seseorang yang melakukan kegiatan manajemen ; merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengendalikan serta mengawasi pekerjaan orang lain ( karyawan ) untuk mencapai suatu tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

2. Manajemen adalah suatu kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan ( mengatur ) suatu sumber daya, baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam untuk mencapai suatu tujuan secara efektif ( mencapai suatu hasil / tujuan dengan tepat, jelas, pasti, spesifik sesuai dengan target yang sudah direncanakan ) dan efisien ( tepat waktu & terorganisir ).

3. Organisasi adalah suatu tempat / wadah di mana sekelompok orang ( 2 atau lebih ) sepakat untuk melakukan suatu kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

4. a. Berdasarkan Universalitas Manajemen (The Universality of Management) = Karena manajemen pasti diperlukan dalam semua jenis dan ukuran organisasi, baik itu tingkat maupun wilayah kerja suatu organisasi. Dengan mempelajari manajemen, maka kita dapat mengelola kinerja suatu organisasi dengan baik. 

b. Realitas Kerja (The Reality of Work) = Kenyataan dari sebagian besar orang yang sudah lulus dari Perguruan Tinggi, pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang baik ( baik itu yang bekerja dalam suatu organisasi maupun yang berwiraswasta ). Dalam bekerja, kegiatan sehari-hari kita pasti tidak luput dalam mengelola suatu kegiatan manajemen untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

c. Imbalan dan Tantangan Menjadi Seorang Manager (Rewards and Challenges of Being a Manager) = Menjadi seorang manajer merupakan suatu tantangan tersendiri dalam sebuah pekerjaan. Seorang manajer akan berhubungan dengan berbagai kepribadian ( pola pikir tiap orang yang berbeda ) dan harus dapat menyelaraskannya dalam 1 tujuan suatu organisasi. Hal inilah yang menjadi tantangan untuk memotivasi bekerja dalam menghadapi ketidakpastian dan kekacauan. Meskipun begitu, menjadi seorang manajer juga sangat bermanfaat karena kita dapat berpikir kreatif dan berimajinasi dalam mensukseskan suatu organisasi. Selain mendapatkan pengahargaan berupa gaji, bonus / opsi saham, seorang manajer pun menjadi panutan dalam suatu organisasi / masyarakat dan memotivasi karyawannya dalam bekerja.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keyword : Manager is someone who does management activities; plan.. Management is an activity of planning, organizing, coordinating.. Organization is a place / container in which a group of people..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar