Decorated Grey Christmas Tree

Rabu, 14 Agustus 2013

Some type of leadership by the University of Iowa study / Beberapa tipe kepemimpinan berdasarkan kajian Universitas Iowa

Based on the review of the University of Iowa, there are 3 types of leadership:
Berdasarkan kajian Universitas Iowa, ada 3 tipe kepemimpin :
1.    Autocratic (otokratis) = gaya kepemimpinan otoriter memiliki ciri-ciri instruksi secara pasti, menuntut kerelaan, menekankan pelaksanaan tugas, melakukan pengawasan tertutup, ijin sangat sedikit, tidak ada bawahan yang dapat mempengaruhi keputusan, tidak ada saran dari bawahan, memakai paksaan, ancaman dan kekuasaan untuk melaksanakan disiplin serta menjamin pelaksanaannya.
2.    Demokratic (demokratis) = kemampuan  mempengaruhi orang lain agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang telah ditentukan bersama antara pemimpin dan bawahan. Gaya kepemimpinan demokratis hasilnya mungkin tidak setinggi gaya otoriter tetapi kualitasnya lebih tinggi dan terjadi komunikasi antara pemimpin dan bawahan, saling berpendapat, partisipasi dalam pengambilan keputusan, dan penghargaan hak-hak seseorang.
3.    Laissez faire (kebebasan) = gaya kepemimpinan kendali bebas mendeskripsikan pemimpin yang secara keseluruhan memberikan karyawannya atau kelompoknya sebuah kebebasan dalam pembuatan keputusan dan menyelesaikan pekerjaan menurut cara yang menurut karyawannya paling sesuai (Robbins dan Coulter, 2002). Hick dan Gullett menyatakan bahwa ciri-ciri tipe kepemimpinan ini pemimpin mencoba melaksanakan sangat sedikit kontrol atau pengaruh terhadap anggota rendah, anggota menentukan tujuan dan diberi kebebasan untuk memutuskan bagaimana cara mencapainya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Keyword : characteristics of authoritarian leadership style.. characteristics of democratic leadership style.. 
characteristics of Laissez faire (freedom) leadership style

Tidak ada komentar:

Posting Komentar