Decorated Grey Christmas Tree

Jumat, 23 Agustus 2013

E-Commerce Strategy and Implementation


Organizational Strategy: Concepts and Overview

Strategi = Sebuah formula berbasis luas untuk bagaimana bisnis akan mencapai misinya, apa tujuannya seharusnya, dan apa rencana dan kebijakan akan diperlukan untuk mencapai tujuan itu.

Strategi dan Web Environtment
1. Strategi e-commerce (e-Strategi)
    Perumusan dan pelaksanaan visi tentang bagaimana sebuah perusahaan baru atau yang sudah ada bermaksud untuk melakukan bisnis secara elektronik

2. strategic information systems planning (SISP)

    Sebuah proses untuk mengembangkan strategi dan rencana untuk menyelaraskan sistem informasi (termasuk e-commerce aplikasi) dengan strategi bisnis organisasi


Strategic Planning Process
Strategic Initiation = Tahap awal perencanaan strategis di mana organisasi itu sendiri dan memeriksa lingkungannya

Strategic Formulation = Pengembangan strategi untuk mengeksploitasi peluang dan mengelola ancaman dalam lingkungan bisnis dalam terang kekuatan perusahaan dan kelemahan

Strategy Implementation = Perkembangan rinci, rencana jangka pendek untuk melaksanakan proyek-proyek disepakati dalam perumusan strategi

Strategy Assessment = Evaluasi terus menerus kemajuan menuju tujuan strategis organisasi, sehingga tindakan korektif dan, jika perlu, reformulasi strategi


Strategic Planing Tools
Analisis SWOT = Sebuah metodologi yang survei peluang dan ancaman eksternal dan berhubungan mereka untuk kekuatan dan kelemahan internal

Competitor analysis grid = Sebuah alat perencanaan strategis yang menyoroti titik diferensiasi antara pesaing dan perusahaan sasaran

Balance Shorecard = Sebuah alat manajemen yang menilai kemajuan organisasi menuju tujuan strategis dengan mengukur kinerja di sejumlah bidang yang berbeda  


Business Plan in E-commerce
Business plan = Sebuah dokumen tertulis yang mengidentifikasi tujuan perusahaan dan menguraikan bagaimana perusahaan bermaksud untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Outline of a business plan

Executive Summary

Business Description

Operations Plan

Financial Plan

Marketing Plan

Competitor Analysis

  
E-Strategy Formulation
Pemilihan peluang EC

Pendekatan yang salah pd EC strategy selection

Tanpa pandang bulu dana banyak proyek dan berharap untuk sedikit pemenang

Taruhan itu semua dalam sebuah inisiatif tunggal berisiko tinggi

"Trend-surfing”


Pendekatan produktif pd EC strategy selection

Problem-driven strategy

Technology-driven strategy

Market-driven strategy

Model E-bisnis yang jatuh tempo

Strategi penetapan harga

membandingkan harga

Penetapan harga kadangdari pembeli

Barang secara online dan off-line memiliki harga berbeda

Pembedaan harga dapat menjadi strategi harga

Versioning

Menjual barang yang sama, tetapi dengan seleksi dan karakteristik pengiriman yang berbeda.


Project Champion = Orang yang menjamin proyek EC, mendapatkan waktu, perhatian, dan sumber daya yang diperlukan dan membela proyek dari pencela setiap saat


Outsourcing = Penggunaan vendor eksternal untuk menyediakan semua atau bagian dari produk dan layanan yang dapat disediakan secara internal

Bisnis Aliansi dan Perusahaan Virtual

virtual corporation(VC) = Sebuah organisasi yang terdiri dari beberapa mitra bisnis pembagian biaya dan sumber daya untuk tujuan produksi atau pemanfaatan suatu produk atau jasa.

co-opetition = Dua atau lebih perusahaan bekerja sama bersama-sama pada beberapa kegiatan untuk saling menguntungkan mereka, bahkan ketika saling bersaing di pasar.


Mendesign ulang Process Business :

Business process reengineering (BPR) /rekayasa ulang proses bisnis = Sebuah metodologi untuk melakukan redesign komprehensif dari proses suatu perusahaan

Business process management (BPM) = Metode untuk restrukturisasi bisnis yang menggabungkan sistem alur kerja dan metode mendesain ulang; mencakup tiga kategori proses-orang-ke-orang, sistem-untuk-sistem, dan sistem-ke-orang interaksi

Tujuan Penilaian dalam e-Strategy:

Mengukur sejauh mana strategi EC dan proyek-proyek berikutnya dan memberikan apa yang seharusnya mereka berikan

menentukan apakah strategi EC dan proyek masih layak dalam lingkungan saat ini

Meninjau kembali strategi awal untuk belajar dari kesalahan dan meningkatkan perencanaan masa depan

Mengidentifikasi proyek-proyek gagal sesegera mungkin dan menentukan mengapa mereka gagal


Hambatan ke Global EC :
-Cultural issues

-Culture and language translation

-Administrative issues

-Geographic issues and localization
-Economic issues

Menghilangkan Hambatan ke Global EC
-be strategic
-Mengenali audiens Anda
-melokalisir
-Berpikir global, bertindak secara konsisten
-Menyentuh Nilai2 kemanusiaan
-Klarifikasi dokumen
-Menawarkan layanan utk  mengurangi hambatan

Keuntungan dan Manfaat dari EC untuk Usaha Kecil dan Menengah
Murah sumber informasi

Murah cara iklan dan melakukan riset pasar

Analisis pesaing lebih mudah

Murah cara untuk membangun etalase

Kurang terkunci ke dalam warisan teknologi

Gambar dan pengakuan publik dapat dihasilkan dengan cepat

Sebuah kesempatan untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia
Kerugian dan Resiko dari EC untuk Usaha Kecil dan Menengah

Kurangnya sumber daya keuangan untuk sepenuhnya memanfaatkan Web

Kurangnya staf teknis atau keahlian memadai dalam masalah hukum, iklan, dll

Kurang toleransi risiko dari sebuah perusahaan besar.

Adanya produk tidak cocok untuk penjualan online

Kurangnya kontak pribadi dengan pelanggan

Ketidakmampuan untuk membayar keuntungan dari pertukaran digital
   
Faktor kritis sukses utk UKM (Critical Success Factors for SMES) 
Produk sangat penting 
Metode pembayaran harus fleksibel 
Pembayaran elektronik harus aman 
Investasi modal harus disimpan ke minimum 
Pengendalian persediaan sangat penting 
Jasa logistik harus cepat dan handal 
Dukungan Owner 
Visibilitas yang tinggi di Internet  
Bergabung dengan komunitas online 
Sebuah situs Web harus menyediakan semua layanan yang dibutuhkan oleh konsumen

Dukungan UKM 
- instansi pemerintah 
- Vendor pusat layanan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar